Kupersembahkan yang Terbaik Untukmu Saudaraku

Oleh : H. Mohammad Suharsono, Lc., ME 
(Biro Kepatuhan Syariah, Inisiatif Zakat Indonesia)




Seorang syekh pernah bercerita, di sebuah desa terdapat 2 anak lelaki shalih, mereka sering terlihat shalat berjamaah di masjid, menghafal AlQur’an dan berperilaku baik. Melihat keshalihan dua anak tersebut, jamaah di masjid ingin mengenal dan mengetahui tips dan rahasia mendidik anak agar mereka juga memiliki anak shalih seperti dua anak tersebut. Merekapun sepakat untuk datang mengunjungi orangtuanya, sampai suatu hari mereka bertemu dengan ayah dari kedua anak shalih itu, mereka bertanya adakah kiat khusus dalam mendidiknya ?

Sang ayah menjawab :
“Tidak ada kiat khusus, hanya saja setiap hari ketika saya berdoa maka saya dahulukan doa untuk saudara-saudara saya, kerabat, tetangga agar mereka diberikan karunia mendapat anak yang shalih.”

Ada lagi kisah seseorang yang bibinya mengeluhkan keadaannya karena sudah lama menikah namun belum juga dikaruniai seorang anak, kemudian di sepertiga malam ia panjatkan doa dengan ikhlas dan penuh keyakinan agar bibinya segera dikaruniai anak.

Sebulan kemudian ia mendapatkan kabarnya bahwa bibinya telah hamil, Itulah keajaiban doa, kita tidak pernah bisa memastikan doa siapa yang mustajab disisi Allah, tapi kita ingin agar doa kita segera dikabulkan Allah. Salahsatu cara agar doa dikabulkan Allah adalah dengan  mendoakan saudara kita tanpa ia ketahui bahwa kita telah mendoakannya.

Rasulullah saw bersabda :

دَعْوَةَ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ وعِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ بِهِ يقول: آمِينَ وَلَكَ بمثله
Artinya: “Sesungguhnya do’anya seorang Muslim kepada saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah dikabulkan, dan di sisikepalanya ada Malaikat (yang ditugaskan kepadanya, setiap kali berdo’a kepada saudaranya dengan kebaikan para Malaikat) berkata, ‘Amiin, dan bagimu yang semisalnya’.” (HR Muslim 2732)

Ketika seseorang berdoa untuk orang lain dengan tulus dan ikhlas, maka malaikat yang akan mendoakan hal yang sama dengan doanya. Persembahkan doa terbaik untuk saudara-saudara kita tanpa harus diketahui, dilaporkan apalagi dibuatkan “update statusnya”, maka Allah yang akan memberikan yang terbaik buat kita.  

Wallahua’lam bsihowab.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter